BERITA
Keindahan Dalam Budaya Bersalaman
Thursday 13 Feb 2014 12:00

 

Rabu, 12 Februari 2014 –
Keindahan Dalam Budaya bersalaman

Tabalong – Rabu (12/2) seperti biasa di MAN Kelua menjelang waktu zuhur semua aktivitas belajar mengajar dan hal-hal yang lain dihentikan untuk bersama menyongsong datangnya adzan tanda waktu shalat zuhur telah tiba. Shalat berjamaah ini wajib dilakukan oleh semua siswa. Mereka dibimbing oleh guru-guru agama untuk bersama-sama menyahut adzan sebagaimana yang diajarkan Islam bila mendengar adzan kemudian melaksanakan shalat sunat rawatib kabliah zuhur.

Hal lain yang ditertibkan sekolah  adalah bersalaman antara seluruh siswa sesudah shalat zuhur dan selesai membaca wirid pendek. bersalaman ini dilakukan bersama setelah sama-sama mendengarkan pembacaan kitab Riyadhus Shalihin oleh salah seorang siswa yang ditugaskan.

“Budaya bersalaman ini sangat indah untuk dibudayakan,” Kata Rohyat Helfi S.Pd.I, salah seorang guru Akidah Akhlak.

Menurut Rohyat bersalaman ini merupakan  bagian keindahan ajaran Rasulullah saw yang sudah dianggap sepele oleh segelintir manusia yang sudah terlalu merasa sombong dengan kepintarannya.

Sementara itu Pembina OSIS Herwanto S.Pd.I mengungkapkan bahwa melalui bersalaman usai shalat berjamaah ini guru dapat mengenal murid, murid dapat mengenal guru, begitu juga sesama murid. Mereka bisa saling bertatap muka sambil bersalaman. “Kesempatan murid bersalaman dengan guru, sebaliknya guru dengan murid-muridnya, murid dengan murid yang lainnya terlihat dalam bersalaman ini seolah menjadi kesepakatan hati untuk saling menyayangi,” terang Herwanto.

 

Putaran siswa yang bersalaman berdiri ini memakan waktu 15 menit lebih. bahkan kepala sekolah sendiri Drs H.Suberiani seorang sosok yang memberi contoh tauladan langsung dalam bersalaman ini. setiap bertemu dewan guru beliau selalu lebih awal mengucapkan salam dan menjabat tangan orang yg ditemuinya. “Begitulah yang biasa Rasulullah saw lakukan bila berjumpa dengan sahabat-sahabatnya.” Jawab H. Suberiani bila ditanya tentang kebiasaan beliau tersebut. (humas Mankelua)


 

Copyright © 2014 Kementerian Agama Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan
Development by RumahIT